Mohon Tunggu . . .

Waspada Penipuan Online! Kenali Berbagai Modusnya dan Bagaimana Menghindarinya

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 3 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Penipuan online semakin marak terjadi di Indonesia. Berbagai modus penipuan online pun terus bermunculan, membuat para korban semakin sulit untuk menghindarinya. Berikut adalah beberapa modus penipuan online terbaru yang perlu Anda waspadai :

  • Penipuan phishing : Penipuan ini dilakukan dengan cara mengirimkan email atau SMS palsu yang mengatasnamakan lembaga resmi, seperti bank, perusahaan fintech, atau e-commerce. Email atau SMS tersebut biasanya berisi tautan atau lampiran yang jika diklik atau dibuka akan menginfeksi perangkat Anda dengan malware atau mengarahkan Anda ke situs web palsu.
  • Penipuan giveaway : Penipuan ini dilakukan dengan cara menawarkan hadiah menarik kepada korban, seperti uang tunai, gadget, atau tiket liburan. Korban biasanya akan diminta untuk melakukan transfer uang terlebih dahulu untuk biaya administrasi atau pengiriman hadiah. Namun, setelah korban mentransfer uang, pelaku akan menghilang dan hadiah pun tidak pernah dikirimkan.
  • Penipuan investasi bodong : Penipuan ini dilakukan dengan cara menjanjikan keuntungan besar kepada korban yang berinvestasi pada produk atau layanan tertentu. Namun, produk atau layanan tersebut ternyata tidak ada atau tidak sesuai dengan yang dijanjikan.
  • Penipuan jual beli online : Penipuan ini dilakukan dengan cara menjual barang atau jasa secara online dengan harga yang murah. Namun, setelah korban melakukan pembayaran, barang atau jasa tersebut tidak pernah dikirimkan.
  • Penipuan sosial media : Penipuan ini dilakukan dengan cara mengelabui korban melalui media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, atau Instagram. Pelaku biasanya akan menggunakan akun palsu yang mengatasnamakan orang yang dikenal korban, seperti teman, keluarga, atau rekan kerja. Pelaku kemudian akan meminta korban untuk meminjam uang atau mentransfer uang untuk berbagai alasan, seperti biaya pengobatan, biaya pendidikan, atau biaya investasi.

Untuk menghindari penipuan online, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini nih Sobat Singa :

  1. Jangan sembarangan mengklik tautan atau membuka lampiran email atau SMS yang mencurigakan.
  2. Waspadai pesan yang menawarkan hadiah atau investasi dengan keuntungan besar.
  3. Teliti dengan baik sebelum melakukan transaksi jual beli online.
  4. Jangan berikan data pribadi Anda kepada orang yang tidak dikenal.
  5. Aktifkan fitur two-factor authentication (2FA) di semua akun online Anda.

Jika Anda merasa telah menjadi korban penipuan online, segera laporkan kepada pihak berwajib. Anda juga dapat menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jika penipuan tersebut melibatkan lembaga keuangan. Nah berhat-hati selalu terhadap segala jenis upaya penipuan yang mengatasnamakan Singa Fintech ya! Pastikan Sobat Singa hanya menghubungi hotline resmi, email resmi dan media sosial resmi Singa Fintech ya!.

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok