Mohon Tunggu . . .

Waspada Investasi Bodong! Tips Aman Berinvestasi di Era Digital

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 4 minggu yang lalu

Halo Sobat Singa, Dunia investasi kini semakin mudah dijangkau masyarakat Indonesia berkat munculnya berbagai platform digital yang tersedia di Indonesia. Namun kemudahan ini juga dibarengi dengan meningkatnya potensi penipuan investasi bodong. Investasi bodong menjanjikan keuntungan tinggi dalam waktu singkat dengan minim risiko. Padahal, investasi tersebut biasanya hanya skema ponzi yang merugikan investor. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari investasi bodong yang umumnya ada di masyarakat dan perlu di waspadai nih Sobat Singa, 

 

  • Menjanjikan Keuntungan Tidak Masuk Akal: Investasi bodong biasanya menawarkan keuntungan yang sangat tinggi dalam waktu singkat. Ingat, iming-iming keuntungan tinggi biasanya berbanding lurus dengan risiko yang tinggi pula. Penawaran yang terkesan terlalu baik untuk menjadi kenyataan wajib di curigai ya Sobat Singa. 

 

  • Tidak Terdaftar di OJK: Sebelum berinvestasi, pastikan perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa memeriksa daftar perusahaan yang terdaftar di website OJK. Pastikan Anda hanya memilih institusi yang jelas, tepat dan legal. 

 

  • Izin Tidak Jelas: Perusahaan investasi yang sah akan memiliki izin usaha yang jelas dari lembaga berwenang. Cari tahu perusahaan investasi yang ingin Anda pilih sudah memiliki perijinan atau mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku dalam mengoperasikan perusahaan investasi yang ingin di pilih. 

 

  • Produk Investasi Tidak Jelas: Hindari investasi pada produk yang tidak jelas detail dan mekanismenya. Pelajari secara rinci tentang produk investasi sebelum menyetorkan dana. Pastikan sebelum berinvestasi Anda membandingkan produk investasi yang Anda pilih dengan kompetitor lainnya yang hadir di pasaran ya Sobat Singa. 

 

  • Desakan untuk Segera Investasi: Perusahaan investasi yang sah akan memberikan waktu kepada Anda untuk pelajari produk investasi mereka. Waspada jika perusahaan tersebut mendesak Anda untuk segera berinvestasi.

 

Berikut ini merupakan tips tambahan agar Anda lebih aman dalam melakukan investasi dan memilih platform investasi yang tepat : 

  • Pelajari Profil Risiko, Sebelum berinvestasi, kenali profil risiko Anda. Profil risiko menunjukkan kemampuan Anda menerima kerugian. Sesuaikan produk investasi dengan profil risiko Anda.
  • Diversifikasi Investasi, Jangan menaruh seluruh dana Anda pada satu produk investasi. Diversifikasikan investasi Anda pada beberapa instrumen yang berbeda untuk mengurangi risiko. Pastikan Anda menaruh telur telur Anda pada keranjang investasi yang berbeda-beda. 
  • Investasi Jangka Panjang, Berinvestasi adalah kegiatan jangka panjang. Jangan berharap cepat kaya dengan investasi.
  • Jangan Tergiuriming-iming Bonus, Beberapa investasi bodong menawarkan bonus bagi yang bisa mengajak orang lain berinvestasi. Ini adalah ciri khas skema ponzi. Perhatikan iming-iming yang bersifat mencurigakan ya Sobat Singa. 
  • Pelajari Rekam Jejak Perusahaan, Cari informasi tentang perusahaan investasi tersebut sebanyak mungkin.Pelajari rekam jejak perusahaan dan baca ulasan dari investor lain.

 

Investasi bisa menjadi cara yang tepat untuk mengembangkan dana Anda di masa depan. Namun, tetap waspada terhadap investasi bodong. Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa berinvestasi dengan aman dan menghindari penipuan. 

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok