Mohon Tunggu . . .

Dunia Orang Dewasa Sedang Tidak Baik-Baik Saja? Biaya Pendidikan Mahal dan Dilemma Pendaftaran Sekolah untuk Masa Depan Anak

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 1 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Apakah Anda memiliki Anak dan memiliki dilemma untuk biaya pendidikan? Tahukah Anda selain Anda dapat mengajukan pinjaman melalui platform peer-to-peer lending atau pinjaman online yang terpercaya, aman serta legal. Anda juga bisa memanfaatkan program pemerintah Sobat, pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 segera dimulai! Ini menjadi momen penting bagi orang tua dan anak untuk mempersiapkan langkah selanjutnya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Artikel kali ini #MinSing akan membahas berbagai hal seputar PPDB 2024/2025 untuk membantu Anda menghadapi proses pendaftaran dengan lancar.

 

Berikut Ini Merupakan Tahapan Pendaftaran yang Umumnya akan di Hadapi : 

Umumnya, PPDB di Indonesia menggunakan sistem zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua/wali hingga prestasi. Penting untuk memahami masing-masing jalur dan ketentuannya agar Anda dapat memilih jalur yang paling sesuai untuk anak Anda.

  • Zonasi: Jalur ini memprioritaskan siswa yang berdomisili dekat dengan sekolah yang dituju.
  • Afirmasi: Jalur ini memberikan kesempatan bagi siswa dari keluarga kurang mampu, disabilitas, dan/atau berprestasi untuk mendaftar ke sekolah negeri.
  • Perpindahan Orang Tua/Wali: Jalur ini ditujukan bagi siswa yang orang tua atau walinya mengalami pindah tugas ke wilayah sekolah yang dituju.
  • Prestasi: Jalur ini di tujukan untuk para siswa dan siswi yang berprestasi dalam akademiknya 

Umumnya dari setiap jalur yang tersedia terdapat kuota yang disediakan pemerintah, kuota ini juga bersifat terbatas. 

 

Jadwal dan Persyaratan

Jadwal PPDB bisa berbeda-beda antar daerah. Sebaiknya Anda segera mencari tahu jadwal dan persyaratan pendaftaran di wilayah tempat tinggal Anda. Biasanya, informasi ini bisa didapatkan melalui:

  • Situs web resmi Dinas Pendidikan daerah setempat
  • Website PPDB khusus yang disediakan pemerintah daerah
  • Sekolah yang dituju

 

Persiapan Pendaftaran

Untuk memperlancar proses pendaftaran, Anda bisa melakukan beberapa persiapan berikut ini:

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan: Umumnya, dokumen yang diperlukan meliputi Kartu Keluarga, rapor, kartu tanda penduduk (orang tua/wali), dan surat keterangan lainnya tergantung jalur pendaftaran yang dipilih. Anda dapat mencari tahu dokumen apa saja yang di butuhkan melalui website resmi PPDB. 
  • Pelajari alur pendaftaran: Pahami bagaimana cara melakukan pendaftaran, baik secara online maupun offline.
  • Pantau jadwal pendaftaran: Jangan sampai terlambat mendaftar karena kuota di sekolah favorit bisa cepat terpenuhi.

Disclaimer : Pastikan kembali informasi terkait PPDB dengan melakukan pegecekan secara reguler pada berita dan juga website resmi PPDB.

 

Pendaftaran sekolah adalah langkah awal yang penting untuk masa depan anak. Dengan persiapan yang baik dan pemahaman mengenai sistem PPDB, Anda dapat membantu anak Anda mendapatkan pendidikan terbaik di sekolah impian mereka. Jangan lupa untuk selalu mengecek informasi terbaru mengenai PPDB di wilayah Anda untuk memastikan proses pendaftaran berjalan dengan lancar. Jika Anda belum di terima melalui program yang di sediakan pemerintah, jangan berkecil hati dan Anda dapat mengajukan pinjaman online pada platform pinjaman online Singa Fintech (www.singa.id). Proses pengajuan pinjaman yang Mudah, Aman dan Tidak ribet memudahkan Anda dalam pengajuan pinjaman Anda. Pilih platform pinjaman yang Aman dan Legal, selain menjaga data pribadi mu! juga melindungi keperluan masa depan anak-anak mu! klik untuk download aplikasi sekarang >>> https://singa.onelink.me/2NaP/blog