Mohon Tunggu . . .

Harga Emas Terkini di Indonesia dan Apa yang Mempengaruhi Pergerakannya?

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 3 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Emas merupakan salah satu logam mulia yang paling populer di Indonesia. Harga emas sering kali menjadi indikator kondisi ekonomi dan politik suatu negara. Dalam beberapa tahun terakhir, harga emas di Indonesia telah mengalami kenaikan yang signifikan. Namun, harga emas juga dapat mengalami fluktuasi yang cukup besar dalam waktu yang singkat.

Harga emas terkini di Indonesia pada hari ini, Rabu, 22 November 2023 adalah Rp990.960 per gram untuk emas batangan Antam. Harga emas Antam merupakan harga emas yang menjadi patokan di Indonesia. Harga emas Antam juga dapat menjadi acuan untuk harga emas dari toko emas lainnya. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga emas, inilah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pergerakan harga emas, antara lain :

  • Permintaan dan penawaran : Harga emas akan naik jika permintaan lebih tinggi dari penawaran, dan sebaliknya. Permintaan emas dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi, tingkat inflasi, dan ekspektasi pasar. Penawaran emas dapat dipengaruhi oleh produksi emas global dan kebijakan pemerintah.
  • Mata uang asing : Harga emas sering kali berbanding terbalik dengan nilai mata uang asing, khususnya dolar Amerika Serikat. Jika nilai dolar AS melemah, harga emas cenderung naik, dan sebaliknya.
  • Kondisi geopolitik : Kondisi geopolitik yang tidak stabil dapat menyebabkan peningkatan permintaan emas sebagai aset safe haven.
  • Suku bunga : Suku bunga yang lebih tinggi dapat mengurangi permintaan emas karena emas tidak memberikan bunga.

Perkiraan Pergerakan Harga Emas di Masa Mendatang, Harga emas di masa mendatang diperkirakan akan tetap stabil atau sedikit meningkat. Hal ini didorong oleh beberapa faktor, seperti :

  • Inflasi yang tinggi : Inflasi yang tinggi dapat menyebabkan penurunan nilai mata uang asing, sehingga meningkatkan permintaan emas sebagai aset safe haven.
  • Ketidakpastian geopolitik : Ketidakpastian geopolitik dapat menyebabkan peningkatan permintaan emas sebagai aset safe haven.
  • Peningkatan permintaan emas dari negara berkembang : Peningkatan permintaan emas dari negara berkembang dapat mendorong kenaikan harga emas global.

Namun, perlu dicatat bahwa harga emas dapat berubah secara tiba-tiba tanpa peringatan, sehingga sulit untuk memprediksi dengan pasti pergerakan harga emas di masa mendatang. Berikut ini beberapa tips dari #MinSing untuk para Sobat Singa yang tertarik untuk berinvestasi emas, ini dia beberapa tips yang perlu diperhatikan :

  • Beli emas dari toko emas yang terpercaya.
  • Beli emas batangan yang memiliki kadar emas yang tinggi, seperti 24 karat.
  • Simpan emas Anda dengan aman.
  • Beli emas secara bertahap.
  • Pahami risiko investasi emas.

Emas merupakan investasi yang berisiko, sehingga Anda perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas. Pastikan Anda memahami risiko investasi emas dan Anda memiliki toleransi risiko yang tinggi. Nah untuk Sobat Singa yang tertarik untuk berinvestasi Emas, Sobat Singa juga dapat mengajukan dana pinjaman pada platform aplikasi Singa Fintech! proses yang Mudah, Cepat dan Aman akan memudahkan para Sobat Singa untuk mendapatkan dana pinjaman untuk berinvestasi!

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok