Mohon Tunggu . . .

Fintech P2P Lending itu apa sih sebenarnya?

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 8 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, mungkin bagi Sobat Singa istilah P2P (peer-to-peer) lending masih terdengar cukup asing bagi sebagian dari kalian. Banyak nya start-up di bidang finansial, atau biasa juga dikenal sebagai Fintech (Finansial teknologi). Perkembangan teknologi di bidang keuangan diharapkan dapat mempermudah segala aspek finansial masyarakat. Platform P2P lending sendiri hadir untuk memudahkan masyarakat dan pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) dalam mendapatkan kemudahan finansial.

Telah tercatat terdapat lebih dari 100 P2P yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki izin untuk beroperasi di Indonesia. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa itu P2P lending! Sini #MinSing kasih tau!

Berdasarkan peraturan OJK No. 10/POJK.05/2022, Fintech lending atau P2P lending adalah layanan keuangan yang menghubungkan kreditur (pemberi pinjaman) dengan debitur (penerima pinjaman) untuk pendanaan konvensional atau secara langsung melalui sistem elektronik yang menggunakan internet. Dengan menggunakan P2P lending, debitur dapat mengajukan pinjaman dengan lebih cepat dan sistem persyaratan yang jauh lebih mudah dibandingkan ketika meminjam dari lembaga keuangan konvensional umumnya. Umumnya Fintech P2P Lending lebih dikenal sebagai Pinjaman Online atau Kredit Digital.

Sebagai platform, P2P Lending memiliki peran penting sebagai penghubung antara kreditur dan debitur. Platform P2P lending memiliki kewajiban melakukan analisis kredit dan menilai tingkat risiko peminjam berdasarkan data pribadi peminjam yang di lampirkan dan akan dianalisis oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) yang canggih sehingga dapat mengenali dan memproses data verifikasi dengan waktu yang singkat. Nah umumnya kreditur dapat berupa institusi atau perusahaan hingga perorangan dapat berpartisipasi dalam pendanaan.

Kehadiran Singa Fintech bagi para masyarakat di harapkan bisa menjadi solusi untuk permasalahan finansial para masyarakat, sehingga mereka dapat mengajukan pengajuan pinjaman yang lebih mudah tanpa memerlukan jaminan dan agunan sekalipun! Yuk download dan ajukan pinjaman mu sekarang juga di aplikasi Singa Fintech! Prosesnya Mudah, Cepat dan Aman! bikin hati jadi nyaman pastinya.

 

 

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok