Mohon Tunggu . . .

Tips dan Cara Mengelola Keuangan Untuk Para Millenial Saat Usia Produktif!

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 1 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, untuk kamu Generasi milenial yang lahir antara tahun 1981 dan 1996, merupakan kelompok usia yang paling produktif di Indonesia. Mereka memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bangsa. Namun, potensi ini bisa menjadi sia-sia jika milenial tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Pada artikel kali ini, Berikut adalah beberapa tips dari #MinSing, agar kamu memiliki pengelolaan keuangan yang lebih baik pada usia produktif :

 

Buatlah Anggaran Sejak Dini 

Langkah pertama dalam mengelola keuangan adalah membuat anggaran. Semakin dini Anda mulai mengelola keuangan, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mencapai tujuan finansial Anda. Anggaran akan membantu Anda untuk melacak pengeluaran dan pendapatan Anda, sehingga Anda bisa mengetahui di mana uang Anda habis. Ada banyak cara untuk membuat anggaran, Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan, spreadsheet, atau bahkan sekadar mencatat pengeluaran Anda di buku. Pastikan Anda sudah memiliki jumlah anggaran yang jelas setiap bulannya untuk jumlah pengeluaran dan pendapatan Anda setiap bulannya. 

Menabung

Menabung adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan finansial Anda, seperti membeli rumah, kendaraan, atau dana pensiun. Usahakan untuk menyisihkan setidaknya 10% dari pendapatan Anda setiap bulan untuk ditabung. Pastikan Anda memiliki komitmen yang jelas setiap bulannya untuk jumlah yang akan Anda tabung setiap bulannya. Dengan memiiki kebiasaan yang teratur dan konsisten, Anda dapat memiliki manajemen keuangan yang lebih baik di masa depan nanti. 

Berinvestasi

Berinvestasi adalah salah satu cara yang banyak orang jalani untuk memperbanyak asset. Investasi adalah cara untuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, seperti reksa dana, saham, properti, atau emas. Pilihlah investasi yang sesuai dengan tujuan finansial dan toleransi risiko Anda. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang baik untuk setiap jenis investasi yang Anda akan jalankan, pahami resiko dan keuntungan yang Anda peroleh. Pastikan Anda tidak sembarangan dalam terjun dalam instrumen investasi yang ada di pasaran, pahami produk dan resiko dari setiap investasi yang Anda jalankan jangan sampai terjebak dalam investasi illegal apalagi bodong ya!. 

Memiliki Pengelolaan Utang Yang Baik

Jika Anda memiliki utang atau cicilan, hal tersebut adalah hal yang tidak akan menjadi masalah. Selama Anda memiliki pengelolaan utang yang baik serta bertanggung jawab dalam setiap utang, pinjaman dan juga cicilan yang Anda miliki. Pastikan Anda memiliki kesanggupan dalam membayar setiap sifat utang, pinjaman hingga cicilan yang Anda miliki ya. 

Fokus dan Memiliki Tujuan Finansial yang Jelas

Setiap orang memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Misalnya, Anda ingin membeli rumah dalam lima tahun, atau Anda ingin pensiun dengan aman. Fokuslah pada tujuan finansial Anda dan buatlah rencana untuk mencapainya. Nah untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan tersebut, perkaya terus diri Anda terhadap pengetahuan akan pengelolaan keuangan seperti melalui buku, artikel, kursus dan podcast.

 

Dengan melakukan tips tips artikel di atas, Anda akan memiliki pengelolaan keuangan yang lebih baik untuk jangka panjang! Jika Anda sedang membutuhkan dana darurat untuk pinjaman, Sobat Singa dapat mengajukan pinjaman pada aplikasi Singa Fintech. Proses yang Mudah dan Aman, jadi aplikasi peer-to-peer terandal untuk mu! Nikmati pinjaman dana sampai dengan Rp 24.000.000, proses yang mudah bikin Singa Fintech jadi sobat terandal untuk setiap masalah finansial mu! #LiveBetterWithSinga. Dapatkan pinjaman dana dengan sistem yang Mudah dan Aman serta memiliki izin dan di awasi oleh OJK (Otoritas Jaksa Keuangan) dengan klik link di bawah ini ya https://singa.onelink.me/2NaP/tt41f82k

 

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok