Mohon Tunggu . . .

Tips Belanja Online Aman dan Nyaman di e-commerce

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 7 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Belanja online kini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Kemudahan dan kepraktisannya sering kali jadi pilihan utama untuk bisa menemukan penawaran yang bagus. Namun, ada juga beberapa risiko yang terkait dengan belanja online, seperti pencurian identitas dan penipuan.

Berikut adalah beberapa tips dari #MinSing untuk membantumu berbelanja online dengan aman dan nyaman:

  • Belanja dari retailer terpercaya : Lakukan riset sebelum Sobat Singa berbelanja online. Pastikan retailer yang kamu beli darinya terpercaya dan memiliki reputasi baik. Kamu bisa memeriksa ulasan online atau mencari tahu secara detail mengenai keaslian produk yang di jual oleh retail online.
  • Jaga informasi pribadimu tetap aman : Saat kamu berbelanja online, hanya masukkan informasi pribadimu di website yang aman. Jangan pernah memasukkan informasi pribadimu di website yang tidak memiliki ikon gembok.
  • Berhati-hatilah dengan email phishing : Email phishing adalah email yang “terlihat” seperti berasal dari retailer yang sah, tetapi sebenarnya dari penipu. Email-email ini sering kali memintamu untuk memasukkan informasi pribadimu, seperti nomor kartu kreditmu. Jangan klik tautan apa pun di email phishing dan jangan pernah memasukkan informasi pribadimu.
  • Gunakan kata sandi yang kuat : Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat. Kata sandi yang kuat memiliki panjang minimal 12 karakter dan mencakup campuran huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. 
  • Berhati-hatilah dengan apa yang kamu klik : Saat kamu berbelanja online, berhati-hatilah dengan apa yang kamu klik. Jangan klik tautan apa pun di email atau di website yang kamu tidak yakin. Tautan-tautan ini bisa mengarah ke website berbahaya yang bisa menginfeksi komputermu dengan malware.
  • Aktifkan autentikasi dua faktor : Dengan mengaktifkan fitur tersebut, menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun online-mu.
  • Waspadalah terhadap tanda-tanda penipuan : Jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, bisa jadi itu memang penipuan!. Berhati-hatilah dengan website yang menawarkan harga yang tidak realistis atau yang meminta informasi pribadi yang tidak perlu untuk menyelesaikan pembelian.

Nah Sobat Singa dengan mengikuti tips ini, kamu bisa membantu melindungi diri dari risiko yang terkait dengan belanja online dan berbelanja dengan aman dan nyaman. Juga penting untuk selalu membaca syarat dan ketentuan, untuk memahami hak-hakmu sebagai konsumen. Punya segudang wishlist tapi gatau gimana cara untuk mewujudkannya? tenang aja! kan ada aplikasi Singa Fintech, aplikasi yang 24 jam ada buat kamu ketika membutuhkan dana darurat dan dana pinjaman! prosesnya mudah, aman dan cepat. Sistem pengajuannya juga simple, cuma memerlukan foto KTP dan selfie aja loh Sobat Singa! Tunggu apalagi, ajukan pinjaman mu sekarang juga di aplikasi Singa Fintech, cicilannya rendah dan bisa di cicil hingga 12 bulan lamanya! 

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok