Mohon Tunggu . . .

Jurus Jitu Atur Keuangan Untuk Mahasiswa Hingga Freelancer Muda

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 4 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, para pejuang rupiah muda! Mau sukses finansial tapi bingung mulai dari mana dan tidak tahu cara ngatur keuangan? Tenang, kamu nggak sendirian! Artikel ini khusus dibuat untuk kamu para mahasiswa dan freelancer muda yang ingin memiliki manajemen keuangan yang lebih baik.

Kenapa Penting Atur Keuangan Sejak Muda? Uang itu ibarat alat. Kalau gak diatur dengan baik, bisa-bisa malah bikin kita terjebak. Dengan atur keuangan, kamu bisa :

  • Hidup tenang, Gak perlu lagi khawatir kehabisan uang sebelum gajian atau semesteran.
  • Wujudkan impian. Mau jalan-jalan, beli gadget baru, atau buka usaha? Dengan keuangan yang terencana, impian kamu lebih mudah terwujud.
  • Investasi masa depan. Pendidikan, kesehatan, dan pensiun, semuanya butuh persiapan finansial. Atur keuangan sekarang, nikmati hasilnya nanti.

Berikut Ini Adalah Beberapa Tips Jitu Untuk Atur Keuangan:

1. Kenali Pengeluaranmu setiap bulannya 

  • Catat pemasukan dan pengeluaran, Berapakah gaji atau penghasilanmu? Ke mana saja uangmu mengalir pergi? Catat semua selama sebulan biar kamu paham polanya.
  • Pisahkan kebutuhan dan keinginan, Keperluan untuk sehari-hari seperti makan, tempat tinggal, dan transportasi adalah kebutuhan. Beli baju baru atau nonton konser adalah keinginan. Pastikan kamu memprioritaskan kebutuhan pribadi mu terlebih dahulu ya!

2. Buat Anggaran

  • Buatlah anggaran dengan menggunakan metode 50/30/20 : Alokasikan 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan dan investasi.
  • Sesuaikan anggaran yang kamu buat dengan keadaanmu saat ini : Pastikan jika ada pemasukan tak terduga, jangan lupa revisi anggaranmu.

3. Hemat dan Cermat

  • Masak sendiri bisa jadi pilihan ketika sedang berhemat, Makan di luar seringkali mahal. Masak sendiri membuat segala sesuatunya menjadi lebih hemat dan sehat!
  • Manfaatkan diskon. Promo dan cashback itu temanmu. Cari tahu promo-promo menarik sebelum belanja.
  • Hindari utang konsumtif. Pastikan kamu memiliki kemampuan untuk membayar jumlah utang yang telah kamu pinjam.

4. Tingkatkan Penghasilan 

  • Tingkatkan penghasilan kamu melalui Freelance sampingan atau bisnis online. Jika punya keahlian, Manfaatkan keahlian dan skill kamu untuk menghasilkan uang tambahan.
  • Melakukan investasi seperti berinvestasi saham, reksadana, atau properti bisa jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan penghasilan kamu. Tapi ingat, pelajari dulu secara matang sebelum mulai! Pastikan juga kamu tidak menaruh seluruh uang kamu pada satu platform dan jenis investasi, apalgi jika kamu masih pemula! Kamu bisa mulai dari dana yang kecil terlebih dahulu.

5. Belajar Cara Mengatur Finansial 

  • Baca buku dan artikel, kamu bisa meningkatkan ilmu dan cara untuk mengatur finansial dan memiliki manajemen keuangan yang lebih baik dengan banyak membaca artikel dan tips tips yang beredar di internet loh.
  • Ikut workshop atau seminar, Ada banyak event finansial yang bisa menambah ilmu dan wawasan kamu juga nih! coba cek secara berkala platform komunitas atau sosial media, biasanya terdapat event workshop dan seminar mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Tips tambahan untuk para Mahasiswa dan Freelancer Muda 

  • Manfaatkan tawaran beasiswa dan bantuan : Cari tahu program beasiswa yang ada saat ini, yang tentunya sesuai dengan jurusan dan prestasi akademismu.
  • Bekerja paruh waktu : Atur waktu dengan baik agar gak mengganggu kuliah, dan ambilah pekerjaan paruh waktu untuk menambah penghasilan serta uang jajan kamu.
  • Diversifikasi penghasilan : Jangan hanya mengandalkan satu penghasilan setiap bulannuya. Coba cari proyek sampingan untuk menambah income bulanan kamu.

Ingat! Bisa mengatur keuangan dengan baik itu adalah proses, dan bukanlah hal yang instan. Teruslah belajar, beradaptasi, dan nikmati prosesnya. Percayalah, dengan tekad dan langkah yang benar, kamu bisa mencapai kemandirian finansial yang kamu impikan! Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasimu untuk bisa mengatur keuangan dengan lebih baik! Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu yang sedang berjuang dengan keuangan ya dan mungkin memerlukan tips ini!