Mohon Tunggu . . .

Apakah Bijak Pakai Pinjaman Online Buat Nonton Konser Artis Favorit? Pikir Dulu!

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 2 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, maraknya artis internasional papan atas yang datang ke Indonesia. Tentu saja banyak dari masyarakat yang ingin menonton konser yang di adakan artis idamannya. Semua orang pasti ingin bisa menonton konser artis idaman favorit mereka! Siapa sih yang nggak pengen? Apalagi kalau udah jarang ngadain konser atau baru pertama kali datang ke Indonesia. Tapi, demi keinginan nonton konser tersebut, bijakah kalau sampai harus menggunakan pinjaman online (pinjol)? Sebelum nekat mengajukan pinjaman online (pinjol), yuk kita kupas dulu plus minusnya dan cara bijak mengambil keputusan. Berikut ini beberapa alasan untuk Anda agar berfikir dua kali sebelum menggunakan pinjaman online (pinjol) untuk nonton konser, pastikan Anda memahami hal hal yang Anda akan hadapi sebelum memutuskan untuk meminjam ya. 

  • Beban Finansial Jangka Panjang: Tiket konser biasanya harganya nggak murah. Membayar cicilan pinjol dalam jangka waktu tertentu bisa memberatkan keuanganmu, apalagi kalau belum stabil.
  • Perlu Disiplin: Menggunakan pinjaman online (pinjol) seringkali memiliki bunga dan kewajiban dalam melakukan pembayaran tepat pada waktuya jika tidak mau terkena denda keterlambatan. Kalau nggak disiplin bayar tagihan, bisa-bisa kamu malah terlilit utang yang semakin besar.

 

Nah namun pinjaman online (pinjol) bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang perlu pinjaman dana untuk nonton konser dengan pertimbangan ini dan tips ini nih Sobat Singa :

  • Hitung dengan Cermat, Hitung kemampuan keuanganmu untuk membayar cicilan pinjaman online (pinjol), jangan sampai melebihi 30% penghasilan bulananmu.
  • Bandingkan Bunga dan Tenor, Bandingkan bunga dan tenor dari berbagai penyedia pinjaman online (pinjol) sebelum memutuskan.Pilih yang bunganya rendah dan tenornya sesuai kemampuanmu.
  • Cari Alternatif Lain, Coba cari cara lain untuk mengumpulkan dana, seperti nabung rutin, ngurangin pengeluaran nggak penting, atau cari kerja sampingan.
  • Gunakan dengan Bijak, Kalau terpaksa pakai pinjaman online (pinjol), pastikan hanya untuk membeli tiket konser. Jangan gunakan untuk hal lain yang nggak penting.
  • Punya Rencana Cadangan, Apapun caranya mendapatkan dana, pastikan kamu punya rencana cadangan jika terjadi hal nggak terduga, seperti sakit atau kehilangan pekerjaan.

 

Pastikan Anda Bijak dalam mengambil keputusan dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan jika ingin mengajukan pinjaman pada pinjaman online (pinjol) dan peer-to-peer lending. Pahami biaya biaya yang akan di kenakan pada Anda, juga syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan hal-hal ini jika ingin mengajukan pinjaman untuk menonton konser idola kamu nih :

  • Nilai Tiket, Pikirkan seberapa berharga konser tersebut bagimu. Apakah nilainya sebanding dengan cicilan pinjol yang harus kamu bayar?
  • Penghasilan Alternatif, Mencari penghasilan tambahan bisa jadi solusi yang lebih baik daripada pinjol.
  • Prioritas Keuangan, Pastikan cicilan pinjol nggak mengganggu pengeluaran penting lainnya, seperti biaya hidup atau pendidikan.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengambil keputusan yang tepat. Konser boleh seru-seruan, tapi ingat untuk bijak dalam mengajukan pinjaman ya Sobat Singa, jangan sampai Anda mengajukan pinjaman tanpa kalkulasi yang tepat terlebih dahulu sebelum meminjam ya! 

 

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok