Mohon Tunggu . . .

Strategi Jitu Kelola Keuangan Bersama Pasangan Untuk Hidup Bahagia dan Sejahtera

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 1 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Dalam mengelola keuangan bersama pasangan seringkali merupakan hal yang penting. Nah untuk Anda yang mungkin merupakan pasangan muda, mengelola keuangan bersama pasangan adalah hal penting untuk membangun masa depan yang stabil dan sejahtera. Keuangan yang tidak sehat dapat menjadi sumber pertengkaran dan menimbulkan stres dalam hubungan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan strategi keuangan yang tepat untuk Anda dan pasangan. Pada artikel kali ini #MinSing akan berikan beberapa tips untuk Anda dapat menerapkan strategi keuangan yang lebih baik di masa depan : 

 

1. Komunikasi Terbuka dan Jujur

Komunikasi adalah kunci dalam segala hal, termasuk keuangan. Bicarakan secara terbuka dan jujur tentang penghasilan, pengeluaran, utang, dan tujuan keuangan masing-masing. Kejujuran membangun kepercayaan dan membuat pengambilan keputusan keuangan lebih mudah.

 

2. Tetapkan Tujuan Keuangan Bersama

Diskusikan dan tetapkan tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang bersama pasangan. Tujuan ini bisa berupa membayar cicilan rumah, pergi liburan, atau mempersiapkan dana pendidikan anak. Memiliki tujuan bersama akan membuat Anda dan pasangan lebih termotivasi untuk mengelola keuangan dengan baik.

 

3. Buat Anggaran Bersama

Setelah menetapkan tujuan keuangan, buatlah anggaran bersama untuk mengelola pengeluaran secara efektif. Catat seluruh pendapatan dan rencanakan pengeluaran bulanan untuk kebutuhan pokok, tagihan, hiburan, dan tabungan. Gunakan aplikasi keuangan atau spreadsheet untuk membantu pelacakan pengeluaran.

 

4. Pembagian Tanggung Jawab Keuangan

Diskusikan dan sepakati pembagian tanggung jawab keuangan dalam rumah tangga. Beberapa pasangan memilih sistem gaji bersama, di mana semua pendapatan digabungkan dan digunakan bersama. Pasangan lain memilih sistem gaji terpisah, di mana masing-masing pasangan mengelola gaji sendiri dengan kontribusi tertentu untuk kebutuhan bersama. Pilih sistem yang paling cocok dengan kebutuhan dan kesepakatan Anda dan pasangan.

 

5. Hemat dan Belanja Cerdas

Bicarakan tentang cara menghindari pengeluaran boros. Buat rencana sebelum berbelanja dan hindari pembelian impulsif. Cari promosi dan diskon, manfaatkan kartu diskon, dan pertimbangkan untuk membeli barang bekas dalam kondisi baik.

 

6. Disiplin Menabung dan Investasi

Alokasikan sebagian pendapatan untuk ditabung dan diinvestasikan secara rutin. Tabungan dapat digunakan untuk dana darurat atau tujuan jangka pendek. Investasi cocok untuk tujuan jangka panjang seperti dana pensiun atau pendidikan anak. Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan pasangan.

 

7. Review dan Evaluasi Keuangan

Tinjau anggaran dan tujuan keuangan Anda dan pasangan secara berkala. Evaluasi apakah pengeluaran masih sesuai dengan anggaran dan apakah Anda sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan. Sesuaikan strategi keuangan jika perlu.

 

 

Mengelola keuangan bersama adalah kerja sama tim. Dukung pasangan Anda untuk mencapai tujuan. Untuk Anda yang membutuhkan pinjaman dana untuk keperluan rumah tangga dapat mengajukan pinjaman dengan sistem yang Mudah dan Aman serta memiliki izin dan di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)! Bagikan aplikasi Singa Fintech ke kerabat dan relasi terdekatmu melalui fitur link referral yang tersedia pada aplikasi Singa Fintech (www.singa.id) selesaikan tugasnya dan nikmati bonus sampai dengan Rp 240.000! 

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok