Mohon Tunggu . . .

Perencanaan Keuangan Sejak Dini Untuk Hadapi Pensiun

Penulis : Admin Singa
Dipublikasikan: 1 bulan yang lalu

Halo Sobat Singa, Dunia kerja memang menyenangkan namun masa pensiun juga perlu dipersiapkan. Banyak orang yang terkejut ketika memasuki masa pensiun karena penghasilan mereka berkurang drastis. Untuk menghindari hal tersebut, penting melakukan perencanaan keuangan sejak dini. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk persiapan finansial yang matang menjelang pensiun :

 

1. Hitung Kebutuhan Dana Pensiun

Langkah pertama adalah menghitung perkiraan kebutuhan dana pensiun. Hal ini mempermudah Anda dalam menentukan berapa banyak uang yang perlu disiapkan selama masa pensiun. Perhitungkan pengeluaran rutin seperti biaya makan, kesehatan, dan tempat tinggal. Jangan lupa faktor inflasi yang dapat mengurangi nilai uang di masa depan.

 

2. Kenali Program Pensiun yang Dimiliki

Pelajari program pensiun yang Anda ikuti, baik dari pemberi kerja maupun program pemerintah seperti BPJS Ketenagakerjaan. Pahami besaran dana pensiun yang akan Anda terima dan ketahui apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

 

3. Mulai Menabung dan Investasi Sejak Dini

Jangan menunda untuk mulai menabung dan berinvestasi. Semakin awal Anda memulai, semakin banyak waktu uang Anda untuk tumbuh. Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan jangka waktu investasi hingga masa pensiun.

 

4. Hidup Sehat dan Aktif

Selain persiapan finansial, persiapan kesehatan juga penting dilakukan menjelang pensiun. Jaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dengan badan yang sehat, Anda bisa menikmati masa pensiun dengan lebih bahagia dan tanpa terbebani biaya kesehatan.

 

5. Manfaatkan Waktu Pensiun untuk Aktivitas Produktif

Masa pensiun bukan berarti harus berhenti beraktivitas. Manfaatkan waktu pensiun untuk mengejar hobi, melakukan kegiatan sukarela, atau bahkan membangun usaha sendiri. Selain menambah penghasilan, aktivitas produktif juga dapat menjaga kesehatan mental dan menjauhkan Anda dari kebosanan.

 

 

Perencanaan keuangan yang matang adalah kunci untuk menjalani masa pensiun dengan tenang dan bahagia. Mulai langkah persiapan Anda sejak dini dan nikmati masa pensiun yang penuh makna. Dapatkan pinjaman dana dengan sistem yang Mudah dan Aman serta memiliki izin dan di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)! Bagikan aplikasi Singa Fintech ke kerabat dan relasi terdekatmu melalui fitur link referral yang tersedia pada aplikasi Singa Fintech (www.singa.id) selesaikan tugasnya dan nikmati bonus sampai dengan Rp 240.000! Klik linknya sekarang juga dan download aplikasinya sekarang >>> https://singa.onelink.me/2NaP/blog

Facebook Twitter Instagram Linkedin Tiktok